Rabu, 30 Desember 2009

Google Adsense

Adsense Indonesia: Anda sering memakai search engine Google?

Jika Anda memasukkan kata atau frasa ke kolom search, maka akan keluar hasil pencarian sesuai kata atau frasa yang dimasukkan. Perhatikan pula tampilan disebelah kanan hasil pencarian terdapat iklan-iklan yang berhubungan dengan hasil pencarian. Itu yang disebut iklan Adwords Indonesia.



Beberapa tahun yang lalu, Google mulai menerima pemasangan iklan lewat banner dalam setiap proses pencarian via www.google.com. Google menyebut programnya ini dng nama : Google Adwords. Kemudian Google juga menawarkan kepada para pemilik website untuk ikut menampilkan iklan dari Google ini, dengan bayaran system bagi hasil ‘pembayaran setiap klik’ . Jadi jika pemasang iklan via Adwords Indonesia membayar sekian dollar/sen kepada Google untuk setiap klik iklan mereka, maka sebagian akan diberikan ke pemilik website yang ikut program ini, disebut Google Adsense Indonesia.

Banyak dari pemasang iklan berani membayar dengan harga yang tinggi agar iklan mereka tampil di Google. Bahkan iklan mereka bukan saja tampil di halaman hasil pencarian Google saja tetapi juga di situs-situs anggota Google (yang mendaftar Google Adsense) dan juga di email Gmail.

Jika Anda mendaftar account Google Adsense Indonesia maka Anda akan menerima sejumlah iklan Adwords tersebut di web site Anda. Ini berarti Anda membantu Google memperoleh income. Maka sudah sepatutnya Google membayar Anda juga.

Mereka yang mempunyai account Adsense dan menampilkan iklan-iklan Google sebagai Adsense Publisher. Sedangkan mereka yang beriklan lewat layanan adwords disebut Advertiser.

Jenis Google Adsense

a. Adsense Indonesia for Content

Menampilkan iklan-iklan dari mereka yang memasang iklan di Google (Google Adwords). Format tampilan dapat bermacam-macam, ada yang berupa gambar, ada pula yang yang hanya teks. Keduanya terbagi-bagi lagi dalam bermacam-macam bentuk antara lain:
- Leaderboard (iklan memanjang horisontal), biasanya dipasang pada atas halaman web.
- Banner (mirip Leaderboard tetapi dengan ukuran lebih kecil)
- Scycrapper dan Wide Skycrapper (memanjang vertikal), biasanya dipasang sebelah kiri (atau kadang kanan) dari halaman web.
- Square, Medium Rectangle, dan Large Rectangle (iklan berbentuk segiempat), biasanya dipasang pada permulaan atau pertengahan artikel.
Untuk lebih jelasnya silahkan lihat di:
https://www.google.com/adsense/adformats

Anda boleh memasnag maksimum 3 buah Adsense for Content dalam setiap halaman web Anda. Google akan ‘membaca’ tuisan yang terdapat di halaman web dimana Anda memasang iklan Google dan secara otomatis mereka akan menyesuaikan iklan apa yang ditampilkan.
Jadi jika Anda menulis tentang misalnya ‘furniture’, maka Google akan menampilkan iklan-iklan senada. Begitu pula untuk content web yang lain, iklan-iklan Google akan menyesuaikan.
Anda juga bisa mem-filter iklan-iklan tertentu untuk tidak tampil di website Anda, baik iklan-iklan dari pesaing Anda (mereka yang menjual produk/service yang sama dengan Anda) maupun iklan-iklan yang tarifnya murah.

b. Adsense for Search

Menampilakn fasilitas Search Engine Google di website Anda. Anda akan dibayar jika ada yang menggunakan fasilitas Search Engine tersebut. Harap bedakan dengan Google Free Search.
Baik Adsense for Search maupun Google Free Search melakukan pencarian sesuai kata yang kita masukkan. Keduanya pun bisa dipasang di website kita dengan gratis.

Perbedaannya, Anda akan dibayar jika ada pengunjung yang mencari lewat Adsense for Search, sementara bila Anda memasang Google Free Search, Anda tidak akan dibayar meskipun banyak pengunjung Anda yang menggunakannya.

Anda bisa memilih apakah mengadakan pencarian web saja atau juga pencarian situs (domain tertentu). Anda bisa memasukkan sampai 3 URL (nama domain) yang berbeda.
Kelebihan lainnya dari Adsense for Search adalah Anda dapat menyesuaikan halaman hasil pencarian, Anda dapat memasukkan logo serta warna yang diinginkan, terdapat 200 pilihan warna.

Sama seperti Adsense Indonesia for Content, Anda juga dapat memfilter hasil pencarian agar tidak menampilkan iklan tertentu. Bahkan Anda juga dapat memilih pencarian untuk katagori tertentu saja bagi fasilitas Adsense Search yang Anda sediakan di situs Anda. Bila fitur ini di non aktifkan maka Google akan melakukan ‘public search’ seperti biasa (menampilkan semua kategori).

c. Adsense for Refferal

Saat ini terdiri dari 4 macam (bisa saja bertambah kelak), yaitu:
- refferal untuk ‘Google Adsense’
Menampilkan tombol Refferal, yaitu tombol yang mengarahkan pengunjung untuk mendaftar Adsense melalui referensi Anda. Ada bermacam warna dan bentuk tombol yang dapat Anda pilih.

- refferal untuk Google Adwords
Menampilkan tombol refferal dimana pengunjung dapat mendaftar Google Adwords atas dasar referensi Anda.

- reffreral untuk Firefox
Menampilkan tombol dimana pengunjung dapat diarahkan ke halaman Google untuk mendownload browser Mozilla Firefox. Ketika pengunjung yang belum pernah menginstal firefox di komputer mereka, kemudian mereka menginstal FIrefox melalui refrensi Anda dan menjalankan browser tersebut untuk pertama kalinya, maka Anda akan mendapat income dari Google.

- refferal untuk Picasa
Menampilkan tombol dimana pengunjung dapat diarahkan untuk mendownload software photo organizer.

Ketika ada pengunjung datang ke situs Anda, mengklik link refferal seperti di atas, mendownload dan kemudian menginstal software ini di komputer mereka, maka Anda mendapat 1 dollar (US) dari Google.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar